TINJAUAN KASUS
- TINJAUAN
KASUS
1.
Pengkajian
a. Pengkajian Keluarga
1)
Data Umum
Tanggal Pengkajian : 2 Juni 2011
Jarak untuk mencapai Puskesmas : 3 Km
Nama kepala keluarga : Tn. A
Umur : 43 Tahun
Agama : Islam
Pendidikan : SMA
Pekerjaan : PNS
Suku/bangsa : Indonesia
Alamat : Jln. Mawar lrg. Sentosa Pakjo Palembang
Daftar Anggota Keluarga
No
|
Nama Anggota Keluarga
|
Hubungan Keluarga
|
L/P
|
Umur (tahun)
|
Pendidikan
|
Pekerjaan
|
Agama
|
Keadaan Kesehatan
|
KB
|
Imunisasi
|
Keterangan
|
1
|
Tn. Ai
|
Suami Ny.
Nu
|
L
|
43
|
SMA
|
PNS
|
Islam
|
-
|
-
|
-
|
Menikah
|
2
|
Ny. Nu
|
Istri Tn.
A
|
P
|
39
|
SD
|
IRT
|
Islam
|
-
|
IUD
|
-
|
Menikah
|
3
|
An. Li
|
Anak
|
P
|
18
|
SMA
|
Pelajar
|
Islam
|
-
|
-
|
Lengkap
|
Belum
Menikah
|
4
|
An. An
|
Anak
|
L
|
6
|
Belum
sekolah
|
-
|
Islam
|
-
|
-
|
Lengkap
|
Belum
Menikah
|
5
|
Ny. Fa
|
Orang Tua
Tn. A
|
P
|
57
|
Tidak
Sekolah
|
-
|
Islam
|
Hipertensi
|
-
|
Lengkap
|
Menikah
|
2)
Data Khusus Keluarga
a)
Type Keluarga
Keluarga ini merupakan
tipe keluarga Extended Family
b)
Tahap Perkembangan Keluarga Saat Ini
Tahap perkembangan keluarga saat ini yaitu berada pada tahap
dimana terdiri dari keluarga inti dan seorang lansia
c)Tugas Perkembangan Yang Belum Terpenuhi
Tugas perkembangan
keluarga sudah terpenuhi
3)
Keadaan Biologis Keluarga
a)
Keadaan Keluarga
Dalam keluarga Ny. Fa mengalami masalah kesehatan yaitu mendeerita
penyakit hipertensi
b)
Kebersihan Keluarga
Kebiasaan dalam membersihkan diri anggota keluarga Tn. A seperti
mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun mandi, mengosok gigi setiap kali
mandi, kebiasaan mencuci rambut seminggu 3 kali dengan menggunakan sampo.
Kebersihan badan dan pakaian anggota keluarga cukup. Keadaan rumah tampak
bersih dan rapi.
c)
Penyakit Yang Sering Di Derita
Penyakit yang sering
diderita keluarga adalah penyakit darah tinggi
d)
Penyakit Kronis / Menular
Tidak pernah ada
anggota keluarga yang mengalami penyakit kronis
e)
Kecacatan Anggota Keluarga
Tidak ada anggota
keluarga yang cacat.
f)
Pola Makan
§
Jenis Makanan :
Nasi, lauk pauk, sayur mayur, tahu/tempe dan kadang- kadang buah-buahan
§
Frekuensi : 3 kali sehari
§
Keseimbangan Gizi : Menu sudah seimbang
§
Ny. Fa tidak
mengetahui makanan boleh dimakan dan yang tidak boleh dimakan pada orang
hipertensi
g)
Pola Istirahat
(1)
Tidur Siang
Tidur siang dilakukan pukul 14.00-16.00 WIB(selama 2 jam)
(2)
Tidur Malam
Tidur malam dilakukan jam pukul 22.00-05.00 WIB(selama 9 jam)
h)
Reproduksi / Akseptor KB
Dalam keluarga ini Ny.
Nu merupakan akseptor KB IUD
4)
Psikologis Keluarga
a)
Keadaan Emosi / Mental
Keadaan mental
seluruh anggota keluarga relatif stabil, menurut keluarga jarang sekali terjadi
pertengkaran didalam rumah.
b)
Koping Keluarga
Menurut keluarga
jika timbul permasalahan, biasanya dimusyawarakan secara kekeluargaan lalu
dicari pemecahan masalahnya dan jika masalah tersebut tidak dapat dipecahkan
maka Tn. A yang selalu mengambil keputusan
terhadap masalah tersebut.
c) Kebiasaan Buruk
Dalam keluarga Tn. A,
Ny. Fa tidak mau tau lebih dalam mengenai penyakitnya.
d)
Rekreasi
Dihari senggang
Ny. Fa melakukan cocok tanam dikebun belakang rumahnya, keluarga juga melakukan
kegiatannya dengan berkumpul bersama keluarga dan menonton TV.
e)
Pola Komunikasi Keluarga
Dalam kelurga,
komunikasih antar anggota keluarga cukup baik.
f)
Pengambilan Keputusan
Dalam pengambilan keputusan, biasanya dimusyawarakan bersama dan
Tn. A yang selalu mengambil keputusan
g)
Peran Informal
Menurut keluarga
seluruh anggota keluarga memiliki perannya masing-masing.
5)
Sosial Ekonomi Keluarga
a)
Hubungan Dengan Orang Lain
Hubungan dengan orang
lain cukup baik.
b)
Kegiatan Organisasi Sosial
Tidak ada kegiatan
organisasi sosial yang diikuti.
c)
Keadaan Ekonomi
Keluarga Tn. A sebagai
PNS dan selalu membiayai kebutuhan keluarga.
6)
Spiritual Kultural Keluarga
a)
Keadaan Beribadah
Seluruh anggota keluarga Tn. A beragama islam dan kebiasaan
menjalankan ibadah sholat 5 waktu dirumah.
b)
Keyakinan Tentang Kesehatan
Tidak ada keyakina keluarga tentang kesehatan.
c)
Nilai Dan Norma
Nilaidan norma keluarga
sama dengan nilai dan norma yang ada dimasyarakat.
d)
Adat Yang Mempengaruhi Kesehatan
Dalam
keluarga tidak ada adat yang bertentangan dengan kesehatan.
7)
Lingkungan Rumah
a)
Kebersihan Dan Kerapian
Rumah klien bersih dan rapi, keluarga selalu membersihkan rumah
tiap hari.
b)
Penerangan
Penerangan dirumah
Tn. A adalah dengan listrik.
c)
Ventilasi
Ventilasi dirumah
keluarga Tn. A cukup dan keadaan jendela terbuka untuk penerangan sebagai sinar
matahari yang masuk.
d)
Jamban
Jamban yang digunakan yaitu milik pribadi.
e)
Sumber Air Minum
Sumber air yang digunakan sehari-hari adalah air dari PDAM dan air
minum yang digunakan adalah air galon dan higeinis dengan air aqua.
f)
Pemanfaatan Halaman
Halaman belakang rumah ditanami tanaman.
g)
Pembuangan Air Kotor
Pembuangan air limbah diselokan dan mengalir.
h)
Pembuangan Sampah
Sampah biasanya diambil oleh petugas sampah.
i)
Sumber Pencemaran
Tidak ada pabrik yang menyebabkan pencemaran lingkungan keluarga
Tn. A.
8)
Genogram
Keterangan:
1 : Laki-laki 3. : Menikah 5.
------- : Tinggal serumah
2 : Perempuan 4.
: Klien 6.
: Meninggal
9)
Denah
Rumah
12
M
|
|||
15
M
Keterangan
:
1, 2, 3 :
Kamar tidur dengan masing-masing luas 4 x 3 M
4 :
Dapur dengan luas 4 x 5 M
5 :
Ruang tamu dengan luas 4 x 6 M
B. Pengkajian
Indivindu
Ny. F
1)
Indentitas
Nama : Ny. F
Umur : 57 tahun
Agama : Islam
Pendidikan : -
Pekerjaan : Ibu rumah tangga
Suku/Bangsa : Indonesia
Alamat : Jln.Mawar Lr. Sentosa
Pakjo Palembang
2)
Alasan ke Puskesmas /
Dikunjungi
Klien
tidak pergi ke puskesmas, klien selalu memeriksakan kesehatannya disana.
3)
Riwayat Kesehatan
a)
Masalah Kesehatan yang Pernah
Dialami
Klien menderita penyakit
hipertensi sejak 7 tahun yang lalu, klien belum mengetahui jelas penyakit
hiperteni tetapi klien pernah mendengar tentang penyakit hipertensi tetapi
tidak mau tahu lebih jauh tentang hipertensi yang sudah dideritannya selama
ini, tekanan darah yang dialami klien yatu 180/100 mmHg
b)
Masalah Kesehatan Keluarga (
Keturunan)
Klien mengatakan ibu klien
menderita penyakit yang sama seperti klien yatu hipertensi.
4) Kebiasaan
Sehari-hari
a) Biologis
1. Pola
Makan
Klien mengatakan selalu makan
makanan yang bergizi tetapi keluarga ini belum memahami makanan apa yang
diperbolekan /dilarang untuk dimakan pada penderita hipertensi.
2. Pola
minum
Klien minum air putih, 7-8 gelas/hari.
3. Pola
Tidur
Klien mengatakan mulai tidur siang biasanya
pukul 14.00-16.00 WIB selama 2 jam sedangkan tidur malam pukul 22.00-05.00 WIB
selama 9 jam.
4. BAB/BAK
Klien mengatakan sulit BAB
dengan frekuensi 1x dalam sehari, BAK dengan frekunsi 8-9x dalam sehari dan
seringkali terbangun pada malam hari
5. Aktivitas
Sehari-hari
Klien dapat beraktivitas secara
mandiri dengan bantuan cucunya. Klien sering melakukan senam lansia minimal
satu minggu sekali dilingkungan sekitar rumah.
6. Rekreasi
Klien mengatakan sering
berkumpul dengan cucunya dan menonton TV kesukaannya
b) Psikologi
1. Keadaan
Emosi
Klien merasa depresi ketika suaminya meninggal
15 tahun yang lalu, klien sering menangis malam hari.
2. Konsep
Diri
a. Body
Image
Klien menerima bentuk tubuhnya sekarang
b. Harga
Diri
Klien merasa dirinya masih berharga sebagai
seorang nenek
c. Ideal
Diri
Klien tidak mau tahu lebih jauh tentang
hipertensi.
d. Indentitas
Diri
Klien dapat menjelaskan dengan baik dan jelas
tentang indentitas diri, Klien sering lupa bila ditanya alamat dan tempat
tinggal.
e. Peran
diri
Klien mengatakan perannya sebagai seorang nenek
yang sudah lansia yang aktivitasnya dibantu oleh cucunya.
c)
Sosial
1.
Hubungan Antar Keluarga
Klien sering berkumpul bersama cucunya,
dalam nenjaga keharmonisan keluarga
2.
Hubungan Dengan orang lain
Klien mengatakan tidak ada
masalah dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya.
d)
Spritual/Kultural
1.
Pelaksanaan Ibadah
Klien masih melaksanakan ibadah, yatu
melaksanakan shalat 5 waktu.
2.
Keyakinan Tentang Kesehatan
Klien megatakan tidak mau tahu lebih
tentang penyakit hipertensi
5)
Pemeriksaan Fisik
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Ny.
F
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
Penampilan
|
Bersih
|
2.
|
Kesadaran
|
Compos Mentis
|
3..
|
Tanda-tanda Vital :
1. Tekanan
darah
2. Nadi
3. Respirasi
4. Suhu
|
180/100 mmHg
88x/menit
30x/menit
37ºC
|
4.
|
Kepala
1. Bentuk
2. Rambut
3. Kulit
Kepala
|
Simetris
Sedikit putih beruban dan hitam, distribusi merata
Tidak ada luka, tampak bersih
|
5.
|
Mata
1. Bentuk
2. Konjungtiva
3. Sclera
4. Fungsi
penglihatan
|
Simetris
Merah muda
Bening
Penglihatan sudah mulai berkurang sejak 3 tahun yang
laludan klien terkena rabun jauh
|
6.
|
Hidung
1. Bentuk
hidung
2. Fungsi
penciuman
|
Simetris
Fungsi penciuman baik
|
1
|
2
|
3
|
|
|
Mata tertutup
|
7
|
Telinga
·
Bentuk
·
Fungsi pendengaran
|
Simetris
Fungsi pendengaran baik, terbukti dapat
menjawab pertanyaan dengan baik.
|
8
|
Mulut
·
Bentuk
·
Bibir
·
Gigi
|
Simetris
Bewarna coklat
Tidak ada caries
|
9
|
Leher
·
Bentuk
·
JVP
·
KGB
·
Pergerakan
|
Simetris
Tidak meninggi
Membesar
Bebas
|
10
|
Dada
·
Pergerakan
·
Bunyi nafas
·
Bunyi jantung
|
Simetris
Vesikuler
Regular
|
11
|
Abdomen
·
Bentuk
·
Bising usus
|
Datar
6x / menit
|
12
|
Ekstrimitas
·
Atas
-
Pergerakan
·
Bawah
-
Pergerakan
-
Kekuatan otot
|
Pergerakan bebas
Pergerakan bebas
5
5
5 5
|
Tanggal
|
Masalah
|
Data fungsi perawatan
keluarga
|
Kesimpulan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
02/06/2011
|
Masalah kesehatan : hipertensi
Masalah keperawatan :
1. Ketidaktahuan
keluarga mengenal masalah hipertensi
Yang ditandai dengan :
DS :
1. Klien
mengatakan tidak tahu apa itu hipertensi
2. Klien
mengatakan tidak tahu makanan apa yang harus dihindari
3. Klien
mengatakan dirinya senang makan kacang-kacangan
DO :
1. Tekanan
darah 180/100 mmHg
2. Klien
tidak bias menjawab ketika ditanya bahaya hipertensi terhadap sistem tubuh
lain
|
1. Keluarga
tidak bisa menyebutkan saat ditanya mengenai pengertian, tanda dan gejala
dari hipertensi
2. Keluarga
tidak dapat menyebutkan penyebab terjadinya hipertensi
3. Keluarga
tidak dapat menyebutkan factor yang mempengauhi masalah hipertensi
4. Keluarga
mengatakan tidak tahu akibat tekanan darah tinggi
5. Keluarga
mengatakan kalau keadaan klien saat ini disebabkan oleh penyakitnya
6. Keluarga mengatakan tidak tahu cara
melakukan perawatan pada klien dengan hipertensi
7. Keluarga
tidak tahu makanan apa yang mesti dicegah untuk sakuit hipertensinya
8. Klien
tidak tahu tentang bekelanjutnya sakit hipertensi yang dideritanya dan akibat
dari hipertensi tersebut dapat menimbulkan sakit yang lain
|
Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah
hipertensi.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2. Gangguan
pemenuhan kebutuhan istirahat tidur pada Ny. F
Yang ditandai dengan :
DS :
1. Klien
mengatakan dua hari kebelakang dirinya tidak bisa tidur
2. Klien
mengatakan tidak tahu apa penyebab dirinya tidak bisa tidur
DO :
1. Klien
tampak kelelahan karena aktivitas setiap hari kalau pagi jam 09.00 WIB sampai
sore 3.30 WIB klien sering kekebun
2. Klien
selalu bertanya dan ingin banyak tahu tentang penyakit yang dideritanya
ketika berbicara dengan perawat
|
1. Keluarga
tidak bias menyebutkan saat ditanya mengenai pengertian, tanda dan gejala
dari gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat
2. Keluarga
dapat menyebutkan penyebab gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur
3. Keluarga
tidak dapat menyebutkan factor yang mempengaruhi gangguan pemenuhan kebutuhan
istirahat tidur pada Ny. F
4. Keluarga
mengatakan tahu akibat jika klien mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan
istirahat tidur yaitu klien akan selalu kelelahan
|
Ketidaktahuan keluarga mengenai masalah
gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur
|
Pengkajian Keluarga Mandiri
Tanggal
|
Masalah keperawatan
|
Kriteria Keluarga Mandiri
|
Kategoti masalah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
02/07/2011
|
Ketidaktahuan keluarga
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
1
(KM
I)
|
02/07/2011
|
Gangguan pemenuhan kebutuhan
istirahat tidur : kurang dari kebutuhan
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
2
(KM
I)
|
Dari
hasil penelitian mandiri diatas, dapat disimpulkan bahwa keluarga Tn. Masuk pada kategori keluarga mandiri (KM I)
yaitu dengan skor : 1 – 4
Penapisan
/ Prioritas Masalah
Ketidaktahuan
keluarga
No
|
Kriteria
|
Nilai
|
Skor
|
Pembenaran
|
1
2
3
4
|
Sifat masalah tidak atau
kurang sehat
Kemungkinan masalah dapat
diubah : hanya sebagian
Potensi masalah untuk dicegah
: tinggi
Menonjolkan masalah : ada
masalah berat, harus segera ditangani
|
3 / 3 x 1
2 / 2 x 2
2 / 3 x 1
0 / 2
x 1
|
1
2
1
1
|
Ny. fa Mengalami hipertensi
dengan takanan darah sering kali meningkat
Seringkali klien meraktivitas lebih dan tidak
menghiraukan keadaan tensinya
Keluarga selalu mengawasi kondisi klien dan
seringkali dibawa ke puskesmas
Klien tidak merasakan ada masalah jika
memeriksakan tekanan darahnya
|
|
4
|
|
Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Tidur : Kurang Dari
Kebutuhan
No
|
Kriteria
|
Nilai
|
Skor
|
Pembenaran
|
1
2
3
4
|
Sifat masalah : tidak atau kurang sehat
Kemungkinan masalah dapat diubah : mudah
Potensi masalah untuk dicegah : cukup
Menonjolkan masalah : masalah harus segera
ditangani
|
3 / 3
x 1
1 / 2
x 2
2 / 3
x 1
2 / 2
x 1
|
1
1
2 / 3
1
|
Memerlukan tindakan secara cepat untuk
mencegah kenaikan tekanan darah
Keluarga tidak mempunyai sumber daya untuk
mengatasi masalahnya
Masalah yang terjadi dapat diperbaiki
keadaannya.
Keluarga menyadari adanya masalah dan perlu
penanganan supaya tekanan darah klien stabil
|
|
|
|
5 / 3
|
|
c. Diagnosa Keperawatan Berdasarkan Prioritas
1)
Ketidaktahuan keluarga mengenal
masalah hipertensi b.d
2)
Gangguan pemenuhan kebutuhan
istirahat tidur : kurang dari kebutuhan pada berhubungan dengan ketidaktahuan
keluarga mengenal kekurangan pemenuhan istirahat tidur
3.
Rencana
Keperawatan Keluarga
Tanggal
|
No DP
|
Diagnosa Keperawatan
|
Tujuan
|
Rencana
Keperawatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
02/06/2011
|
1
|
Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah
hipertensi
|
Tujuan Umum :
Setelah dilakukan penjelasan pada keluarga
tentang hipertensi keluarga mampu memahami tentang penyakit hipertensi
Tujuan Khusus :
Setelah dilakukan penyuluhan selama 15 menit,
keluarga dapat :
· Menjelaskan
kembali pengertian hipertensi
· Menyebutkan
kembali penyebab hipertensi
|
1. Kaji
tingkat pengetahuan keluarga mengenai penyakit hipertensi
2. Beri
penjelasan kepada keluaga Ny. Melalui
penyuluhan dengan menggunakan media leaflet dan flash card yang berpedoman
pada SAP dengan langkah :
1. Buat
atau lakukan kontrak waktu
2. Siapkan
media dan tempat penyuluhan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
·
Menyebutkan tanda dan gejala
hipertensi
·
Menyebutkan kembali
pencegahan dan perawatan penyakit hipertensi
·
Menyebutkan kembali tujuan
diet pada penderita hipertensi
·
Menyebutkan macam dan
indikasi pemberian makanan pada penderita hipertensi
·
Menyebutkan kembali jenis
makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada penderita hipertensi
|
3. Penyampaian
materi tentang :
a. Pengertian
hipertensi
b. Penyebab
hipertensi
c. Tanda
dan gejala hipertensi
d. Pencegahan
dan perawatan hipertensi
e. Tujuan
diet hipertensi
f.
Macam dan indikasi pemberian
makanan pada penderita hipertensi
g. Jenis
makanan untuk hipertensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
02/06/2011
|
2
|
Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur :
kurang dari kebutuhan pada Ny. Fa
berhubungan dengan ketidaktahuan keluarga mengenal kekurangan pemenuhan
istirahat tidur
|
Tujuan umum :
Setelah dilakukan penjelasan pada keluarga,
keluarga mampu memahami tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan istirahat
tidur
Tujuan khusus :
Setelah dilakukan penyuluhan selama 15 menit,
keluarga dapat :
·
Menjelaskan kembali
pengertian istiahat
·
Menjelaskan kembali tujuan
istirahat tidur
·
Menjelaskan kembali
faktor-faktor yang mempengaruhi
|
1. Kaji
tingkat pengetahuan keluarga mengenai kekurangan nutrisi
2. Beri
penjelasan kepada keluarga Ny. memalui
penyuluhan dengan menggunakan media leaflet yang berpedoman pada SAP dengan
langkah :
- Buat
atau lakukan kontrak waktu
- Siapkan
media dan tempat penyuluhan
- Penyampaian
materi tentang :
a. Pengertian
istirahat
b. Tujuan
istirahat tidur
c. Faktor-faktor
yang mempengaruhi istirahat tidur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
istirahat tidur
· Menjelaskan
kembali cara mengatasi gangguan istirahat tidur
|
d. Cara
mengatasi gangguan istirahat tidur
|
1.
Pelaksanaan
dan Catatan Perkembangan
Tanggal
|
No DP
|
Implementasi
|
Evaluasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
1. Mengkaji
tingkat pengetahuan keluarga mengenai mobilisasi
2. Memberikan
penyuluhan dengan menggunakan leaflet dan lembar balik tentang :
1. Pengertian
mobilisasi
2. Tujuan
mobilisasi
3. Faktor
yang menyebabkan terjadinya gangguan mobilisasi
4. Tanda
dan gejala dari gangguan mobilisasi
|
01-05-2011
S :
a. Menurut
Ny. mobilisasi merupakan serangkaian proses untuk mencegah komplikasi stroke
b. Menurut Tn.
mobilisasi bertujuan untuk mencegah kecacatan otot dan melatih
pergerakan sendi
O :
·
Keluarga mendengarkan
penyuluhan dari perawat
·
Setelah diberikan penyuluhan
tentang masalah mobilisasi, keluarga dapat :
1. Menjelaskan
pengertian mobilisasi
2. Menyebutkan
3 dari 4 tujuan
|
|
|
3
|
4
|
|
|
|
mobilisasi.
3. Menyebutkan
4 dari 6 faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan mobilisasi.
4. Menyebutkan
3 dari 4 tanda dan gejala dari gangguan mobilisasi.
A : Masalah teratasi, keluarga mengetahui
tentang mobilisasi.
|
PENGKAJIAN PSIKOSOSIAL DAN
SPIRITUAL
- Psikososial
·
Klien masih sanggup menggendong
cucunya yang masih kecil.
·
Klien sering juga melakukan
senam lansia seminggu sekali yang ada
di lingkungannya sendiri.
- Masalah
emosional
Pertanyaan
Tahap 1
·
Apakah klien mengalami sukar
tidur? Ya
·
Apakah klien sering merasa
gelisah? Ya
·
Apakah klien sering merasa
murung atau menangis sendiri? Ya
·
Apakah klien sering was-was
atau kuatir? Tidak
Pertanyaan
Tahap 2
·
Keluhan lebih dari 3 bulan atau
lebih dari 1 kali dalam 1 bulan? Ya
·
Ada masalah atau banyak pikiran
? Ya
·
Ada gangguan/ masalah dengan
keluarga lain? Tidak
·
Menggunakan obat tidur/
penenang atas anjuran dokter? Tidak
·
Cenderung mengurung diri? Tidak
Bila
jawaban Ya ≥ 1: MASALAH EMOSIONAL POSITIF (+)
Interprestasi
Hasil: Klien mengalami gangguan emosional
- Spiritual
Klien
beragama Islam.
PENGKAJIAN EMOSIONAL
KLIEN
- KATZ
Indeks
- Barthel
Indeks
No
|
KRITERIA
|
DENGAN
BANTUAN
|
MANDIRI
|
KETERANGAN
|
1.
|
Makan
|
|
10
|
Frekuensi
: 3x/hari
Jumlah
: 1 porsi/1x makan
Jenis
: Sesuai yang disediakan
|
2.
|
Minum
|
|
10
|
Frekuensi : 2 gelas/hari
Jumlah :500 cc
Jenis : air putih
|
3.
|
Berpindah dari kursi roda, sebaliknya
|
|
|
|
4.
|
Personal toilet (cuci muka, enyisir rambut,
gosk gigi)
|
|
5
|
Frekuensi : 1x/hari
|
5.
|
Keluar masuk toilet (membuka pakaian, menyeka
tubuh, menyiram)
|
|
10
|
|
PENGKAJIAN
STATUS MENTAL GERONTIK
SPSMQ
(Short Portable Mental Status Questioner)
BENAR
|
SALAH
|
NO
|
PERTANYAAN
|
|
√
|
01
|
Tanggal berapa hari ini?
|
√
|
|
02
|
Hari apa sekarang ini?
|
√
|
|
03
|
Apa nama tempat ini?
|
|
√
|
04
|
Dimana alamat anda?
|
√
|
|
05
|
Berapa umur Anda?
|
√
|
|
06
|
Kapan anda lahir?
|
√
|
|
07
|
Siapa presiden Indonesia sekarang?
|
√
|
|
08
|
Siapa presiden Indonesia sebelumnya?
|
√
|
|
09
|
Siapa nama ibu anda?
|
|
√
|
10
|
Kurangi 3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari
setiap angka baru, semua secara menurun
|
Σ = 7
|
Σ = 3
|
|
|
SCORE TOTAL : 10
Interprestasi Hasil
a. Salah
0-3 : fungsi intelektual utuh
b. Salah
4-5 : kerusakan intelektual
ringan
c. Salah
6-8 : kerusakan intelektual
sedang
d. Salah
9-10 : kerusakan intelektual
berat
No
|
ASPEK
KOGNITIF
|
NILAI
MAKS
|
NILAI
KLIEN
|
KRITERIA
|
1.
|
Orientasi
|
5
|
3
|
Menyebutkan dengan benar:
·
Tahun
·
Musim
|
6.
|
Mandi
|
|
15
|
Frekuensi : 2x/hari
|
7.
|
Jalan di permukaan datar
|
0
|
|
|
8.
|
Naik turun tangga
|
5
|
|
|
9.
|
Mengenakan pakaian
|
|
|
|
10.
|
Kontrol (BAB)
|
|
|
|
11
|
Kontrol bladder (BAK)
|
|
|
|
12
|
Olah raga/ latihan
|
|
|
|
13
|
Rekreasi/ pemanfaatan waktu luang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. 130 : Mandiri
b. 60-125 : Ketergantungan sebagian
c. 55 : Ketergantungan total
6
|
Mandi
|
0
|
15
|
Frekuensi : 2X/hari
|
7
|
Jalan di permukaan datar
|
5
|
|
|
8
|
Naik turun tangga
|
|
|
Tidak dapat melakukan karena dibantu alat
bantu
|
9
|
Mengenakan pakaian
|
|
10
|
|
10
|
Kontrol
bowel (BAB)
|
|
10
|
Frekuensi : 1x/hari
Konsistensi : normal (lembek)
|
11
|
Kontrol bladder (BAK)
|
|
10
|
Frekuensi : 6-7x/hari
Warna: normal (kuning)
|
12
|
Olahraga/Latihan
|
|
10
|
Frekuensi: 1x/ hari kadang-kadang
Jenis: senam
|
13
|
Rekreasi/pemanfaatan waktu luang
|
|
10
|
Frekuensi: 2X/ hari
Jenis: nonton TV
|
|
Score
Total
|
|
120
|
|
Keterangan :
a.
130 : Mandiri
b.
60-125 : Ketergantungan sebagian
c.
55 : Ketergantungan Total
MMSE (Mini Mental Status Exam)
No
|
ASPEK KOGNITIF
|
NILAI MAKS
|
NILAI KLIEN
|
KRITERIA
|
1.
|
Orientasi
|
5
|
3
|
Menyebutkan dengan benar :
·
Tahun
·
Musim
·
Tanggal
·
Hari
·
Bulan
|
2.
|
Orientasi
|
5
|
5
|
Dimana sekarang kita berada?
·
Negara Indonesia
·
Provinsi Jawa Barat
·
Kota.....
·
PSTW.....
·
Wisma......
|
3.
|
Registrasi
|
3
|
3
|
Sebuttkan nama 3 obyek (oleh pemeriksa) 1
detik untuk mengatakan masing-masing obyek. Kemudian tanyakan kepada klien
obyek tadi (untuk disebutkan)
·
Obyek....
·
Obyek.....
·
Obyek......
|
4.
|
Perhatian dan kalkulasi
|
5
|
1
|
Minta klien untuk memulai angka 100 kemudian
dikurangi 7 sampai 5 kali/tingkat
·
93
·
86
·
79
·
72
·
65
|
5.
|
Mengingat
|
3
|
3
|
Minta klien untuk mengulangi ketiga obyek pada
no. 2 (registrasi) tadi. Bila benar, 1 point untuk masing-masing obyek.
|
6.
|
Bahasa
|
9
|
9
|
Tunjukan pada klien suatu benda dan tanyakan
namanya pada klien
·
(misal jam tangan)
·
(misal pensil)
Minta klien untuk mengulang kata berikut: “tak ada jika,
dan, atau, tetapi”. Bila benar, nilai 1 point.
·
Pernyataan benar 2 buah
(contoh: tak ada, tetapi)
Minta klien untuk mengikuti perintah berikut
yang terdiri dari 3 langkah:
“ambil kertas di tangan anda, lipat dua dan
taruh di lantai”
·
Ambil kertas di tangan anda
·
Lipat dua
·
Taruh di lantai
Perintahkan pada klien untuk hal berikut (bila aktivitas
sesuai perintah nilai 1 point)
·
“tutup mata anda”
Perintahkan pada klien untuk menulis satu kalimat atau
menyalin gambar
·
Tulis satu kalimat
·
Menyalin gambar
|
|
Total Nilai
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
Interprestasi hasil:
>23
: aspek kognitif dari fungsi mental baik
18-22 :
kerusakan aspek fungsi mental ringan
:
terdapat kerusakan aspek fungsi mental berat
PENGKAJIAN KESEIMBANGAN
KRITERIA
|
JUMLAH
|
a.
Perubahan
posisi atau gerakan keseimbangan
·
Bangun dari tempat duduk
(dimasukkan analisis) dengan mata terbuka ( 0 )
Ø
tidak bangun dari tempat
tidur dengan sekali gerakan, akan tetapi usila mendorong tubuhnya ke atas
dengan tangan atau bergerak ke bagian depan kursi terlebih dahulu, tidak
stabil pada saat berdiri pertama kali
·
Duduk ke kursi (dimasukkan
analisis) dengan mata terbuka
Ø
Menjatuhkan diri ke kursi,
tidak duduk di tengah kursi
( 0 )
·
Bangun dari tempat duduk
(dimasukkan analisis) dengan mata tertutup ( 1 )
Ø
tidak bangun dari tempat
tidur dengan sekali gerakan, akan tetapi usila mendorong tubuhnya ke atas
dengan tangan atau bergerak ke bagian depan kursi terlebih dahulu, tidak
stabil pada saat berdiri pertama kali
·
Duduk ke kursi (dimasukkan
analisis) dengan mata tertutup
Ø
Menjatuhkan ke kursi, tidak
duduk di tengah kursi ( 0 )
·
Menahan dorongan pada sternum
(3 kali) dengan mata terbuka ( 0 )
Ø
Klien menggerakkan kaki,
memegang objek untuk dukungan, kaki tidak menyentuh sisi-sisinya
·
Menahan dorongan pada sternum
(3 kali) dengan mata tertutup ( 0 )
Ø
(Klien menggerakkan kaki,
memegang objek untuk dukungan, kaki tidak menyentuh sisa-sisanya
·
Perputaran leher (klien
sambil berdiri) ( 1 )
Ø
Menggerakkan kaki,
menggenggam objek untuk dukungan kaki: keluhan vertigo, pusing atau keadaan tidak stabil
·
Gerakan mengapai sesuatu ( 0
)
Ø
Tidak mampu untuk menggapai
sesuatu dengan bahu fleksi sepenuhnya sementara berdiri pada ujung jari-jari
kaki, tidak stabil memegang sesuatu untuk dukungan
·
Membungkuk ( 0 )
Ø
Tidak mampu membungkuk untuk
mengambil objek-objek kecil (misalnya pulpen) dari lantai, memegang objek
untuk bisa berdiri lagi, dan memerlukan usaha-usaha yang keras untuk bangun
b.
Komponen gaya berjalan atau pergerakan
·
Minta klien berjalan ke
tempat yang ditentukan ( 1 )
Ø
Ragu-ragu, tersandung,
memegang objek untuk dukungan
·
Ketinggalan langkah kaki ( 1
)
Ø
Kaki tidak naik dari lantai
secara konsisten (menggeser atau menyeret kaki), mengangkat kaki terlalu
tinggi (> 5 cm)
·
Kontinuitas langkah kaki ( 1
)
Ø
Setelah langkah-langkah awal
menjadi tidak konsisten, memulai mengangkat satu kaki sementara kaki yang
lain menyentuh lantai
·
Kesimetrisan langkah ( 1 )
Ø
Langkah tidak simetris,
terutama pada bagian yang sakit
·
Penyimpanan jalur pada saat
berjalan ( 0 )
Ø
Tidak berjalan dalam garis
lurus, bergelombang dari sisi ke sisi
·
Berbalik ( 0 )
Ø
Berhenti sebelum mulai
berbalik, jalan sempoyongan, bergoyang, memegang objek untuk dukungan
|
Klien mampu bangun atau berdiri dengan tanpa
bantuan orang lain
Klien dapat melakukan walaupun hanya dengan
satu kaki
|
SCORE TOTAL
|
6
|
Interpretasi hasil:
0-5 :resiko
jatuh rendah
6-10 :resiko
jatuh sedang
11-15 :resiko
jatuh tinggi
Satuan Acara
Pembelajaran (SAP)
Mata Ajar :
Ilmu Penyakit Dalam
Pokok Bahasan :
Sistem Kardiovaskuler
Sub Pokok Bahasan : Hipertensi
Sasaran :
Waktu :
30 Menit
Hari / Tanggal : 6 Juni 2011
a.
Analisa Situasi
Jumlah keluarga
Keluarga sebagai fokus pembelajaran
b.
Tujuan Intruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan, keluarga mampu mengerti dan memahami tentang
hipertensi.
c.
Tujuan Intruksional Khusus
Setelah proses penyuluhan, keluarga
diharapkan:
-
Memahami pengertian hipertensi
-
Mengetahui penyebab hipertensi
-
Mengetahui tanda dan gejala hipertensi
-
Mengetahui pencegahan dan perawatan hipertensi
-
Menyebutkan tujuan diet pada hipertensi
- Menyebutkan kembali makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita hipertensi
d. Materi
i.
1. Pengertian hipertensi
ii.
2. Penyebab hipertensi
3. Tanda dan gejala hipertensi
iii.
4. Pencegahan hipertensi
iv.
5. Tujuan diet pada hipertensi
6.
Makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita
hipertensi
e.Metode
i. Ceramah
ii. Tanya jawab
b.Kegiatan Penyuluhan
No
|
Tahapan/Waktu
|
Kegiatan Penyuluh
|
Kegiatan Keluarga
|
1
|
Pembukaan
5 Menit
|
- Memberi salam
- Memperkenalkan diri
- Menjelaskan maksud dan tujuan penyuluhan
|
- Menjawab salam
- Mendengarkan dan memperkenalkan anggota
keluarga
- Mendengarkan
|
2
|
Isi
20 Menit
|
- Meriview apakah anggota keluarga ada yang
mengetahui mengenai hipertensi
- Memberikan support system kepada keluarga
- Menjelaskan pengertian hipertensi
-Menjelaskan penyebab hipertensi
- Memberi kesempatan bertenya jika ada
anggota keluarga belum mengerti
- Menjawab pertenyaan yang diajukan
- Menjelaskan tanda dan gejala hipertensi
- Menjelaskan cara pencegahan hipertensi
- Menanyakan apakah dalam anggota keluarga
sudah melaksanakan diet hipertensi terutama bagi Ny. Fa
- Memberikan support system atas jawaban
yang diberikan
- Menjelaskan tujuan diet pada hipertensi
- Menjelaskan makanan apa yang boleh
dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita hipertensi
- Memberikan kesempatan kepada anggota
keluarga untuk bertanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau belum
dipahami
- Menjawab pertanyaan yang diajukan
|
- Menjawab konsep hipertensi secara
sederhana
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Bertanya mengenai materi yang belum
dipahami
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Menjawab pertanyaan
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Mendengarkan
- Bertanya hal-hal yang belum dipahami
- Mendengarkan
|
3
|
Penutup
5 Menit
|
- - Menyimpulkan secara singkat materi yang
disampaikan
- Mengucapkan salam
|
- Mendengarkan
- Menjawab salam
|
c.
Media
Media yang digunakan leaflet
d.
Evaluasi
Mengkaji pemahaman keluarga atas materi yang
disampaikan dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan.
1.
Apa yang dimaksud dengan hipertensi?
2.
Apa penyebab dari hipertensi?
3.
Apa tanda dan gejala hipertensi yang anda ketahui/
4.
Bagaimana cara pencegahan hipertensi?
5.
Makanan apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita
hipertensi?
e.
Daftar Pustaka
Palembang, 4 Juni 2011
Kelompok
No comments:
Post a Comment