Welcome

HWAITING!!!!!!!!!!!!!



Friday 26 August 2011

FORM PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELUARGA


TINJAUAN KASUS

  1. TINJAUAN KASUS
1.      Pengkajian
a. Pengkajian Keluarga
1)   Data Umum
Tanggal Pengkajian                                  : 2 Juni 2011
Jarak untuk mencapai Puskesmas : 3 Km
Nama kepala keluarga                             : Tn. A
Umur                                                       : 43 Tahun
Agama                                                    : Islam
Pendidikan                                              : SMA
Pekerjaan                                                : PNS
Suku/bangsa                                            : Indonesia
Alamat                                                    : Jln. Mawar lrg. Sentosa Pakjo Palembang



Daftar Anggota Keluarga
No
Nama Anggota Keluarga
Hubungan Keluarga
L/P
Umur (tahun)
Pendidikan
Pekerjaan
Agama
Keadaan Kesehatan
KB
Imunisasi
Keterangan
1
Tn. Ai
Suami Ny. Nu
L
43
SMA
PNS
Islam
-
-
-
Menikah
2
Ny. Nu
Istri Tn. A
P
39
SD
IRT
Islam
-
IUD
-
Menikah
3
An. Li
Anak
P
18
SMA
Pelajar
Islam
-
-
Lengkap
Belum Menikah
4
An. An
Anak
L
6
Belum sekolah
-
Islam
-
-
Lengkap
Belum Menikah
5
Ny. Fa
Orang Tua Tn. A
P
57
Tidak Sekolah
-
Islam
Hipertensi
-
Lengkap
Menikah


2)                  Data Khusus Keluarga
a)      Type Keluarga
      Keluarga ini merupakan tipe keluarga Extended Family
b)      Tahap Perkembangan Keluarga Saat Ini
Tahap perkembangan keluarga saat ini yaitu berada pada tahap dimana terdiri dari keluarga inti dan seorang lansia
c)Tugas Perkembangan Yang Belum Terpenuhi
      Tugas perkembangan keluarga sudah terpenuhi

3)                  Keadaan Biologis Keluarga
a)      Keadaan Keluarga
Dalam keluarga Ny. Fa mengalami masalah kesehatan yaitu mendeerita penyakit hipertensi
b)      Kebersihan Keluarga
Kebiasaan dalam membersihkan diri anggota keluarga Tn. A seperti mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun mandi, mengosok gigi setiap kali mandi, kebiasaan mencuci rambut seminggu 3 kali dengan menggunakan sampo. Kebersihan badan dan pakaian anggota keluarga cukup. Keadaan rumah tampak bersih dan rapi.
c)      Penyakit Yang Sering Di Derita
      Penyakit yang sering diderita keluarga adalah penyakit darah tinggi
d)      Penyakit Kronis / Menular
      Tidak pernah ada anggota keluarga yang mengalami penyakit kronis
e)      Kecacatan Anggota Keluarga
      Tidak ada anggota keluarga yang cacat.
f)        Pola Makan
§           Jenis Makanan                    : Nasi, lauk pauk, sayur mayur, tahu/tempe dan   kadang- kadang buah-buahan
§         Frekuensi                           : 3 kali sehari
§         Keseimbangan Gizi : Menu sudah seimbang
§         Ny. Fa tidak mengetahui makanan boleh dimakan dan yang tidak boleh dimakan pada orang hipertensi
g)      Pola Istirahat
(1)   Tidur Siang
Tidur siang dilakukan pukul 14.00-16.00 WIB(selama 2 jam)
(2)   Tidur Malam
Tidur malam dilakukan jam pukul 22.00-05.00 WIB(selama 9 jam)
h)      Reproduksi / Akseptor KB
      Dalam keluarga ini Ny. Nu merupakan akseptor KB IUD

4)      Psikologis Keluarga
a)      Keadaan Emosi / Mental
            Keadaan mental seluruh anggota keluarga relatif stabil, menurut keluarga jarang sekali terjadi pertengkaran didalam rumah.


b)      Koping Keluarga
            Menurut keluarga jika timbul permasalahan, biasanya dimusyawarakan secara kekeluargaan lalu dicari pemecahan masalahnya dan jika masalah tersebut tidak dapat dipecahkan maka Tn. A yang selalu mengambil keputusan  terhadap masalah tersebut.
c) Kebiasaan Buruk
      Dalam keluarga Tn. A, Ny. Fa tidak mau tau lebih dalam mengenai penyakitnya.
d)      Rekreasi
            Dihari senggang Ny. Fa melakukan cocok tanam dikebun belakang rumahnya, keluarga juga melakukan kegiatannya dengan berkumpul bersama keluarga dan menonton TV.
e)      Pola Komunikasi Keluarga
      Dalam kelurga, komunikasih antar anggota keluarga cukup baik.
f)        Pengambilan Keputusan
Dalam pengambilan keputusan, biasanya dimusyawarakan bersama dan Tn. A yang selalu mengambil keputusan
g)      Peran Informal
      Menurut keluarga seluruh anggota keluarga memiliki perannya masing-masing.

5)      Sosial Ekonomi Keluarga
a)      Hubungan Dengan Orang Lain
      Hubungan dengan orang lain cukup baik.

b)      Kegiatan Organisasi Sosial
   Tidak ada kegiatan organisasi sosial yang diikuti.
c)      Keadaan Ekonomi
      Keluarga Tn. A sebagai PNS dan selalu membiayai kebutuhan keluarga.

6)      Spiritual Kultural Keluarga
a)      Keadaan Beribadah
Seluruh anggota keluarga Tn. A beragama islam dan kebiasaan menjalankan ibadah sholat 5 waktu dirumah.
b)      Keyakinan Tentang Kesehatan
      Tidak ada keyakina keluarga tentang kesehatan.
c)      Nilai Dan Norma
      Nilaidan norma keluarga sama dengan nilai dan norma yang ada dimasyarakat.
d)      Adat Yang Mempengaruhi Kesehatan
                        Dalam keluarga tidak ada adat yang bertentangan dengan kesehatan.

7)      Lingkungan Rumah
a)      Kebersihan Dan Kerapian
Rumah klien bersih dan rapi, keluarga selalu membersihkan rumah tiap hari.
b)      Penerangan
Penerangan dirumah Tn. A adalah dengan listrik.


c)      Ventilasi
Ventilasi dirumah keluarga Tn. A cukup dan keadaan jendela terbuka untuk penerangan sebagai sinar matahari yang masuk.
d)      Jamban
Jamban yang digunakan yaitu milik pribadi.
e)      Sumber Air Minum
Sumber air yang digunakan sehari-hari adalah air dari PDAM dan air minum yang digunakan adalah air galon dan higeinis dengan air aqua.
f)        Pemanfaatan Halaman
Halaman belakang rumah ditanami tanaman.
g)      Pembuangan Air Kotor
Pembuangan air limbah diselokan dan mengalir.
h)      Pembuangan Sampah
Sampah biasanya diambil oleh petugas sampah.
i)        Sumber Pencemaran
Tidak ada pabrik yang menyebabkan pencemaran lingkungan keluarga Tn. A.






8)      Genogram
 





Keterangan:
1                  : Laki-laki       3.            : Menikah      5. -------  : Tinggal serumah
2                : Perempuan     4.           : Klien            6.             : Meninggal

9)      Denah Rumah
12 M
1                     2                      3

4                                              5
 
 

                                                                                               15 M

           

            Keterangan :
            1, 2, 3              : Kamar tidur dengan masing-masing luas 4 x 3 M
            4                      : Dapur dengan luas 4 x 5 M
            5                      : Ruang tamu dengan luas 4 x 6 M

B.        Pengkajian Indivindu
            Ny. F
1)      Indentitas
Nama                           : Ny. F
Umur                            : 57 tahun
Agama                         : Islam
Pendidikan                   :    -
Pekerjaan                     : Ibu rumah tangga
Suku/Bangsa                : Indonesia
Alamat                         : Jln.Mawar Lr. Sentosa Pakjo Palembang

2)      Alasan ke Puskesmas / Dikunjungi
Klien tidak pergi ke puskesmas, klien selalu memeriksakan kesehatannya disana.
3)      Riwayat Kesehatan
a)         Masalah Kesehatan yang Pernah Dialami
Klien menderita penyakit hipertensi sejak 7 tahun yang lalu, klien belum mengetahui jelas penyakit hiperteni tetapi klien pernah mendengar tentang penyakit hipertensi tetapi tidak mau tahu lebih jauh tentang hipertensi yang sudah dideritannya selama ini, tekanan darah yang dialami klien yatu 180/100 mmHg
b)        Masalah Kesehatan Keluarga ( Keturunan)
Klien mengatakan ibu klien menderita penyakit yang sama seperti klien yatu hipertensi.
4)      Kebiasaan Sehari-hari
a)      Biologis
1.      Pola Makan
Klien mengatakan selalu makan makanan yang bergizi tetapi keluarga ini belum memahami makanan apa yang diperbolekan /dilarang untuk dimakan pada penderita hipertensi.
2.      Pola minum
Klien minum air putih, 7-8 gelas/hari.
3.      Pola Tidur
Klien mengatakan mulai tidur siang biasanya pukul 14.00-16.00 WIB selama 2 jam sedangkan tidur malam pukul 22.00-05.00 WIB selama 9 jam.
4.      BAB/BAK
Klien mengatakan sulit BAB dengan frekuensi 1x dalam sehari, BAK dengan frekunsi 8-9x dalam sehari dan seringkali terbangun pada malam hari
5.      Aktivitas Sehari-hari
Klien dapat beraktivitas secara mandiri dengan bantuan cucunya. Klien sering melakukan senam lansia minimal satu minggu sekali dilingkungan sekitar rumah.
6.      Rekreasi
Klien mengatakan sering berkumpul dengan cucunya dan menonton TV kesukaannya
b)      Psikologi
1.      Keadaan Emosi
Klien merasa depresi ketika suaminya meninggal 15 tahun yang lalu, klien sering menangis malam hari.
2.      Konsep Diri
a.       Body Image
Klien menerima bentuk tubuhnya sekarang
b.      Harga Diri
Klien merasa dirinya masih berharga sebagai seorang nenek
c.       Ideal Diri
Klien tidak mau tahu lebih jauh tentang hipertensi.
d.      Indentitas Diri
Klien dapat menjelaskan dengan baik dan jelas tentang indentitas diri, Klien sering lupa bila ditanya alamat dan tempat tinggal.
e.       Peran diri
Klien mengatakan perannya sebagai seorang nenek yang sudah lansia yang aktivitasnya dibantu oleh cucunya.

c)         Sosial
1.        Hubungan Antar Keluarga
      Klien sering berkumpul bersama cucunya, dalam nenjaga keharmonisan keluarga
2.        Hubungan Dengan orang lain
                 Klien mengatakan tidak ada masalah dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya.
d)        Spritual/Kultural
1.        Pelaksanaan Ibadah
       Klien masih melaksanakan ibadah, yatu melaksanakan shalat 5 waktu.
2.        Keyakinan Tentang Kesehatan
       Klien megatakan tidak mau tahu lebih tentang penyakit hipertensi

5)      Pemeriksaan Fisik
No
Aspek yang Dinilai
Ny. F
1
2
3
1.
Penampilan
Bersih
2.
Kesadaran
Compos Mentis
3..
Tanda-tanda Vital :
1.      Tekanan darah
2.      Nadi
3.      Respirasi
4.      Suhu

180/100 mmHg
88x/menit
30x/menit
37ºC

4.
Kepala
1.      Bentuk
2.      Rambut

3.      Kulit Kepala

Simetris
Sedikit putih beruban dan hitam, distribusi merata
Tidak ada luka, tampak bersih
5.
Mata
1.      Bentuk
2.      Konjungtiva
3.      Sclera
4.      Fungsi penglihatan

Simetris
Merah muda
Bening
Penglihatan sudah mulai berkurang sejak 3 tahun yang laludan klien terkena rabun jauh
6.
Hidung
1.      Bentuk hidung
2.      Fungsi penciuman

Simetris
Fungsi penciuman baik

1
2
3


Mata tertutup
7
Telinga
·        Bentuk
·        Fungsi pendengaran

Simetris
Fungsi pendengaran baik, terbukti dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
8
Mulut
·        Bentuk
·        Bibir
·        Gigi

Simetris
Bewarna coklat
Tidak ada caries
9
Leher
·        Bentuk
·        JVP
·        KGB
·        Pergerakan

Simetris
Tidak meninggi
            Membesar
Bebas
10
Dada
·        Pergerakan
·        Bunyi nafas
·        Bunyi jantung

Simetris
Vesikuler
Regular
11
Abdomen
·        Bentuk
·        Bising usus

Datar
6x / menit
12
Ekstrimitas
·        Atas
-         Pergerakan
·        Bawah
-         Pergerakan


-         Kekuatan otot

Pergerakan bebas


Pergerakan bebas
  5     5
  5     5




Tanggal
Masalah
Data fungsi perawatan keluarga
Kesimpulan
1
2
3
4
   02/06/2011
Masalah kesehatan : hipertensi
Masalah keperawatan :
1.     Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah hipertensi
Yang ditandai dengan :
DS :
1.      Klien mengatakan tidak tahu apa itu hipertensi
2.      Klien mengatakan tidak tahu makanan apa yang harus dihindari
3.      Klien mengatakan dirinya senang makan kacang-kacangan
DO :
1.      Tekanan darah 180/100 mmHg
2.      Klien tidak bias menjawab ketika ditanya bahaya hipertensi terhadap sistem tubuh lain 
1.     Keluarga tidak bisa menyebutkan saat ditanya mengenai pengertian, tanda dan gejala dari hipertensi
2.     Keluarga tidak dapat menyebutkan penyebab terjadinya hipertensi
3.     Keluarga tidak dapat menyebutkan factor yang mempengauhi masalah hipertensi
4.     Keluarga mengatakan tidak tahu akibat tekanan darah tinggi
5.     Keluarga mengatakan kalau keadaan klien saat ini disebabkan oleh penyakitnya
6.      Keluarga mengatakan tidak tahu cara melakukan perawatan pada klien dengan hipertensi
7.     Keluarga tidak tahu makanan apa yang mesti dicegah untuk sakuit hipertensinya
8.     Klien tidak tahu tentang bekelanjutnya sakit hipertensi yang dideritanya dan akibat dari hipertensi tersebut dapat menimbulkan sakit yang lain
Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah hipertensi.




1
2
3
4

2.     Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur pada Ny. F
Yang ditandai dengan :
DS :
1.      Klien mengatakan dua hari kebelakang dirinya tidak bisa tidur
2.      Klien mengatakan tidak tahu apa penyebab dirinya tidak bisa tidur
DO :
1.      Klien tampak kelelahan karena aktivitas setiap hari kalau pagi jam 09.00 WIB sampai sore 3.30 WIB klien sering kekebun
2.      Klien selalu bertanya dan ingin banyak tahu tentang penyakit yang dideritanya ketika berbicara dengan perawat   
1.     Keluarga tidak bias menyebutkan saat ditanya mengenai pengertian, tanda dan gejala dari gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat
2.     Keluarga dapat menyebutkan penyebab gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur
3.     Keluarga tidak dapat menyebutkan factor yang mempengaruhi gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur pada Ny. F
4.     Keluarga mengatakan tahu akibat jika klien mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur yaitu klien akan selalu kelelahan  
Ketidaktahuan keluarga mengenai masalah gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur


Pengkajian Keluarga Mandiri
Tanggal
Masalah keperawatan






Kriteria Keluarga Mandiri
Kategoti masalah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
02/07/2011
Ketidaktahuan keluarga









1
(KM I)
02/07/2011
Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur : kurang dari kebutuhan












2
(KM I)
Dari hasil penelitian mandiri diatas, dapat disimpulkan bahwa keluarga Tn.  Masuk pada kategori keluarga mandiri (KM I) yaitu dengan skor : 1 – 4
Penapisan / Prioritas Masalah
Ketidaktahuan keluarga
No
Kriteria
Nilai
     Skor
Pembenaran
1



2

3


4
Sifat masalah tidak atau kurang sehat

Kemungkinan masalah dapat diubah : hanya sebagian

Potensi masalah untuk dicegah : tinggi

Menonjolkan masalah : ada masalah berat, harus segera ditangani   

 3 / 3 x 1


 2 / 2 x 2


 2 / 3 x 1


0 / 2 x 1
       1


        2


       1


       1
Ny. fa Mengalami hipertensi dengan takanan darah sering kali meningkat

Seringkali klien meraktivitas lebih dan tidak menghiraukan keadaan tensinya

Keluarga selalu mengawasi kondisi klien dan seringkali dibawa ke puskesmas
Klien tidak merasakan ada masalah jika memeriksakan tekanan darahnya

       4


Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Tidur : Kurang Dari Kebutuhan
No
Kriteria
Nilai
Skor
Pembenaran
1



2


3


4
Sifat masalah : tidak atau kurang sehat


Kemungkinan masalah dapat diubah : mudah

Potensi masalah untuk dicegah : cukup

Menonjolkan masalah : masalah harus segera ditangani
3 / 3 x 1



1 / 2 x 2


2 / 3 x 1


2 / 2 x 1
1



1


2 / 3


1
Memerlukan tindakan secara cepat untuk mencegah kenaikan tekanan darah

Keluarga tidak mempunyai sumber daya untuk mengatasi masalahnya

Masalah yang terjadi dapat diperbaiki keadaannya.

Keluarga menyadari adanya masalah dan perlu penanganan supaya tekanan darah klien stabil



5 / 3


c. Diagnosa Keperawatan Berdasarkan Prioritas
1)      Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah hipertensi b.d
2)      Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur : kurang dari kebutuhan pada berhubungan dengan ketidaktahuan keluarga mengenal kekurangan pemenuhan istirahat tidur





3.      Rencana Keperawatan Keluarga
Tanggal
No DP
Diagnosa Keperawatan
Tujuan
    Rencana Keperawatan
1
2
3
4
5
02/06/2011
1
Ketidaktahuan keluarga mengenal masalah hipertensi 
Tujuan Umum :
Setelah dilakukan penjelasan pada keluarga tentang hipertensi keluarga mampu memahami tentang penyakit hipertensi

Tujuan Khusus :
Setelah dilakukan penyuluhan selama 15 menit, keluarga dapat :
·  Menjelaskan kembali pengertian hipertensi
·  Menyebutkan kembali penyebab hipertensi
1.     Kaji tingkat pengetahuan keluarga mengenai penyakit hipertensi
2.     Beri penjelasan kepada keluaga Ny.  Melalui penyuluhan dengan menggunakan media leaflet dan flash card yang berpedoman pada SAP dengan langkah :
1.      Buat atau lakukan kontrak waktu
2.      Siapkan media dan tempat penyuluhan  
 
1
2
3
4
5



·      Menyebutkan tanda dan gejala hipertensi
·      Menyebutkan kembali pencegahan dan perawatan penyakit hipertensi
·      Menyebutkan kembali tujuan diet pada penderita hipertensi
·      Menyebutkan macam dan indikasi pemberian makanan pada penderita hipertensi
·      Menyebutkan kembali jenis makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada penderita hipertensi 
3.     Penyampaian materi tentang :
a.       Pengertian hipertensi
b.      Penyebab hipertensi
c.       Tanda dan gejala hipertensi
d.      Pencegahan dan perawatan hipertensi
e.       Tujuan diet hipertensi
f.        Macam dan indikasi pemberian makanan pada penderita hipertensi
g.       Jenis makanan untuk hipertensi 

1
      2
3
4
5
 02/06/2011
     2
Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur : kurang dari kebutuhan pada Ny. Fa  berhubungan dengan ketidaktahuan keluarga mengenal kekurangan pemenuhan istirahat tidur 
Tujuan umum :
Setelah dilakukan penjelasan pada keluarga, keluarga mampu memahami tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan istirahat tidur

Tujuan khusus :
Setelah dilakukan penyuluhan selama 15 menit, keluarga dapat :
·       Menjelaskan kembali pengertian istiahat
·       Menjelaskan kembali tujuan istirahat tidur
·       Menjelaskan kembali faktor-faktor yang mempengaruhi
1.    Kaji tingkat pengetahuan keluarga mengenai kekurangan nutrisi
2.    Beri penjelasan kepada keluarga Ny.  memalui penyuluhan dengan menggunakan media leaflet yang berpedoman pada SAP dengan langkah :
-       Buat atau lakukan kontrak waktu
-       Siapkan media dan tempat penyuluhan
-       Penyampaian materi tentang :
a.       Pengertian istirahat
b.      Tujuan istirahat tidur
c.       Faktor-faktor yang mempengaruhi istirahat tidur

1
2
3
4
5



istirahat tidur
·  Menjelaskan kembali cara mengatasi gangguan istirahat tidur
d.     Cara mengatasi gangguan istirahat tidur

1.        Pelaksanaan dan Catatan Perkembangan
Tanggal
No DP
Implementasi
      Evaluasi
1
2
         3
          4

1
1.     Mengkaji tingkat pengetahuan keluarga mengenai mobilisasi
2.     Memberikan penyuluhan dengan menggunakan leaflet dan lembar balik tentang :
1.      Pengertian mobilisasi
2.      Tujuan mobilisasi
3.      Faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan mobilisasi
4.      Tanda dan gejala dari gangguan mobilisasi
01-05-2011
S :
a.       Menurut Ny. mobilisasi merupakan serangkaian proses untuk mencegah komplikasi stroke
b.      Menurut  Tn.  mobilisasi bertujuan untuk mencegah kecacatan otot dan melatih pergerakan sendi
O :
·      Keluarga mendengarkan penyuluhan dari perawat
·      Setelah diberikan penyuluhan tentang masalah mobilisasi, keluarga dapat :
1.      Menjelaskan pengertian mobilisasi
2.      Menyebutkan 3 dari 4 tujuan



3
4



   mobilisasi.
3.    Menyebutkan 4 dari 6 faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan mobilisasi.
4.    Menyebutkan 3 dari 4 tanda dan gejala dari gangguan mobilisasi.
A : Masalah teratasi, keluarga mengetahui tentang mobilisasi.


PENGKAJIAN PSIKOSOSIAL DAN SPIRITUAL
  1. Psikososial
·        Klien masih sanggup menggendong cucunya yang masih kecil.
·        Klien sering juga melakukan senam lansia seminggu sekali yang   ada di lingkungannya sendiri.
  1. Masalah emosional
Pertanyaan Tahap 1
·        Apakah klien mengalami sukar tidur? Ya
·        Apakah klien sering merasa gelisah? Ya
·        Apakah klien sering merasa murung atau menangis sendiri? Ya
·        Apakah klien sering was-was atau kuatir? Tidak

Pertanyaan Tahap 2
·        Keluhan lebih dari 3 bulan atau lebih dari 1 kali dalam 1 bulan? Ya
·        Ada masalah atau banyak pikiran ? Ya
·        Ada gangguan/ masalah dengan keluarga lain? Tidak
·        Menggunakan obat tidur/ penenang atas anjuran dokter? Tidak
·        Cenderung mengurung diri? Tidak

Bila jawaban Ya ≥ 1: MASALAH EMOSIONAL POSITIF (+)
Interprestasi Hasil: Klien mengalami gangguan emosional
  1. Spiritual
Klien beragama Islam.

PENGKAJIAN EMOSIONAL KLIEN
  1. KATZ Indeks
  2. Barthel Indeks
No
KRITERIA
DENGAN BANTUAN
MANDIRI
KETERANGAN
1.
Makan

10
Frekuensi : 3x/hari
Jumlah : 1 porsi/1x makan
Jenis : Sesuai yang disediakan
2.
Minum

10
Frekuensi : 2 gelas/hari
Jumlah :500 cc
Jenis : air putih
3.
Berpindah dari kursi roda, sebaliknya



4.
Personal toilet (cuci muka, enyisir rambut, gosk gigi)

5
Frekuensi : 1x/hari
5.
Keluar masuk toilet (membuka pakaian, menyeka tubuh, menyiram)

10


PENGKAJIAN STATUS MENTAL GERONTIK
   SPSMQ (Short Portable Mental Status Questioner)
BENAR
SALAH
NO
PERTANYAAN

01
Tanggal berapa hari ini?

02
Hari apa sekarang ini?

03
Apa nama tempat ini?

04
Dimana alamat anda?

05
Berapa umur Anda?

06
Kapan anda lahir?

07
Siapa presiden Indonesia sekarang?

08
Siapa presiden Indonesia sebelumnya?

09
Siapa nama ibu anda?

10
Kurangi 3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari setiap angka baru, semua secara menurun
Σ = 7
Σ = 3



   SCORE TOTAL : 10
   Interprestasi Hasil
a.       Salah 0-3            : fungsi intelektual utuh
b.      Salah 4-5            : kerusakan intelektual ringan
c.       Salah 6-8            : kerusakan intelektual sedang
d.      Salah 9-10          : kerusakan intelektual berat
No
ASPEK KOGNITIF
NILAI MAKS
NILAI KLIEN
KRITERIA
1.
Orientasi
5
3
Menyebutkan dengan benar:
·                    Tahun
·                    Musim
  • Tanggal
  • Hari
6.
Mandi

15
Frekuensi : 2x/hari
7.
Jalan di permukaan datar
0


8.
Naik turun tangga
5


9.
Mengenakan pakaian



10.
Kontrol (BAB)



11
Kontrol bladder (BAK)



12
Olah raga/ latihan



13
Rekreasi/ pemanfaatan waktu luang




























Keterangan :
a.       130         : Mandiri
b.      60-125    : Ketergantungan sebagian
c.       55           : Ketergantungan total
6
Mandi
0
15
Frekuensi : 2X/hari
7
Jalan di permukaan datar
5


8
Naik turun tangga


Tidak dapat melakukan karena dibantu alat bantu
9
Mengenakan pakaian

10

10
Kontrol  bowel (BAB)

10
Frekuensi : 1x/hari
Konsistensi : normal (lembek)
11
Kontrol bladder (BAK)

10
Frekuensi : 6-7x/hari
Warna: normal (kuning)
12
Olahraga/Latihan

10
Frekuensi: 1x/ hari kadang-kadang
Jenis: senam
13
Rekreasi/pemanfaatan waktu luang

10
Frekuensi: 2X/ hari
Jenis: nonton TV

Score Total

120

Keterangan :
a.         130           : Mandiri
b.        60-125      : Ketergantungan sebagian
c.         55             : Ketergantungan Total

MMSE (Mini Mental Status Exam)
No
ASPEK KOGNITIF
NILAI MAKS
NILAI KLIEN
KRITERIA
1.
Orientasi
5
3
Menyebutkan dengan benar :
·        Tahun
·        Musim
·        Tanggal
·        Hari
·        Bulan
2.
Orientasi
5
5
Dimana sekarang kita berada?
·        Negara Indonesia
·        Provinsi Jawa Barat
·        Kota.....
·        PSTW.....
·        Wisma......
3.
Registrasi
3
3
Sebuttkan nama 3 obyek (oleh pemeriksa) 1 detik untuk mengatakan masing-masing obyek. Kemudian tanyakan kepada klien obyek tadi (untuk disebutkan)
·        Obyek....
·        Obyek.....
·        Obyek......
4.
Perhatian dan kalkulasi
5
1
Minta klien untuk memulai angka 100 kemudian dikurangi 7 sampai 5 kali/tingkat
·        93
·        86
·        79
·        72
·        65
5.
Mengingat
3
3
Minta klien untuk mengulangi ketiga obyek pada no. 2 (registrasi) tadi. Bila benar, 1 point untuk masing-masing obyek.
6.
Bahasa
9
9
Tunjukan pada klien suatu benda dan tanyakan namanya pada klien
·        (misal jam tangan)
·        (misal pensil)
Minta klien untuk mengulang kata berikut: “tak ada jika, dan, atau, tetapi”. Bila benar, nilai 1 point.
·        Pernyataan benar 2 buah (contoh: tak ada, tetapi)
Minta klien untuk mengikuti perintah berikut yang terdiri dari 3 langkah:
“ambil kertas di tangan anda, lipat dua dan taruh di lantai”
·        Ambil kertas di tangan anda
·        Lipat dua
·        Taruh di lantai
Perintahkan pada klien untuk hal berikut (bila aktivitas sesuai perintah nilai 1 point)
·        “tutup mata anda”
Perintahkan pada klien untuk menulis satu kalimat atau menyalin gambar
·        Tulis satu kalimat
·        Menyalin gambar

Total Nilai

24







Interprestasi hasil:
>23      : aspek kognitif dari fungsi mental baik
18-22   : kerusakan aspek fungsi mental ringan
            : terdapat kerusakan aspek fungsi mental berat
PENGKAJIAN KESEIMBANGAN
KRITERIA
JUMLAH
a.        Perubahan posisi atau gerakan keseimbangan
·          Bangun dari tempat duduk (dimasukkan analisis) dengan mata terbuka ( 0 )
Ø        tidak bangun dari tempat tidur dengan sekali gerakan, akan tetapi usila mendorong tubuhnya ke atas dengan tangan atau bergerak ke bagian depan kursi terlebih dahulu, tidak stabil pada saat berdiri pertama kali
·          Duduk ke kursi (dimasukkan analisis) dengan mata terbuka
Ø        Menjatuhkan diri ke kursi, tidak duduk di tengah kursi
( 0 )
·          Bangun dari tempat duduk (dimasukkan analisis) dengan mata tertutup ( 1 )
Ø        tidak bangun dari tempat tidur dengan sekali gerakan, akan tetapi usila mendorong tubuhnya ke atas dengan tangan atau bergerak ke bagian depan kursi terlebih dahulu, tidak stabil pada saat berdiri pertama kali
·          Duduk ke kursi (dimasukkan analisis) dengan mata tertutup
Ø        Menjatuhkan ke kursi, tidak duduk di tengah kursi ( 0 )
·          Menahan dorongan pada sternum (3 kali) dengan mata terbuka ( 0 )
Ø        Klien menggerakkan kaki, memegang objek untuk dukungan, kaki tidak menyentuh sisi-sisinya
·          Menahan dorongan pada sternum (3 kali) dengan mata tertutup ( 0 )
Ø        (Klien menggerakkan kaki, memegang objek untuk dukungan, kaki tidak menyentuh sisa-sisanya
·          Perputaran leher (klien sambil berdiri) ( 1 )
Ø        Menggerakkan kaki, menggenggam objek untuk dukungan kaki: keluhan vertigo,  pusing atau keadaan tidak stabil
·          Gerakan mengapai sesuatu ( 0 )
Ø        Tidak mampu untuk menggapai sesuatu dengan bahu fleksi sepenuhnya sementara berdiri pada ujung jari-jari kaki, tidak stabil memegang sesuatu untuk dukungan
·          Membungkuk ( 0 )
Ø        Tidak mampu membungkuk untuk mengambil objek-objek kecil (misalnya pulpen) dari lantai, memegang objek untuk bisa berdiri lagi, dan memerlukan usaha-usaha yang keras untuk bangun
b.         Komponen gaya berjalan atau pergerakan
·      Minta klien berjalan ke tempat yang ditentukan ( 1 )
Ø             Ragu-ragu, tersandung, memegang objek untuk dukungan
·      Ketinggalan langkah kaki ( 1 )
Ø             Kaki tidak naik dari lantai secara konsisten (menggeser atau menyeret kaki), mengangkat kaki terlalu tinggi (> 5 cm)
·      Kontinuitas langkah kaki ( 1 )
Ø             Setelah langkah-langkah awal menjadi tidak konsisten, memulai mengangkat satu kaki sementara kaki yang lain menyentuh lantai
·          Kesimetrisan langkah ( 1 )
Ø        Langkah tidak simetris, terutama pada bagian yang sakit
·      Penyimpanan jalur pada saat berjalan ( 0 )
Ø             Tidak berjalan dalam garis lurus, bergelombang dari sisi ke sisi
·      Berbalik ( 0 )
Ø             Berhenti sebelum mulai berbalik, jalan sempoyongan, bergoyang, memegang objek untuk dukungan
Klien mampu bangun atau berdiri dengan tanpa bantuan orang lain







































Klien dapat melakukan walaupun hanya dengan satu kaki
SCORE TOTAL
6

Interpretasi hasil:
0-5       :resiko jatuh rendah
6-10     :resiko jatuh sedang
11-15   :resiko jatuh tinggi





















Satuan Acara Pembelajaran (SAP)


Mata Ajar                          : Ilmu Penyakit Dalam
Pokok Bahasan                  : Sistem Kardiovaskuler
Sub Pokok Bahasan           : Hipertensi
Sasaran                              :
Waktu                                : 30 Menit
Hari / Tanggal                     : 6 Juni 2011

a.      Analisa Situasi
      Jumlah keluarga
   Keluarga sebagai fokus pembelajaran

b.        Tujuan Intruksional Umum
            Setelah dilakukan penyuluhan, keluarga mampu mengerti dan memahami tentang hipertensi.

c.          Tujuan Intruksional Khusus
          Setelah proses penyuluhan, keluarga diharapkan:
            - Memahami pengertian hipertensi
            - Mengetahui penyebab hipertensi
            - Mengetahui tanda dan gejala hipertensi
            - Mengetahui pencegahan dan perawatan hipertensi
            - Menyebutkan tujuan diet pada hipertensi
                  - Menyebutkan kembali makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh  dimakan pada penderita hipertensi

d.   Materi
i.                                                        1.  Pengertian hipertensi
ii.                                                         2. Penyebab hipertensi
3. Tanda dan gejala hipertensi
iii.                                                          4. Pencegahan hipertensi
iv.                                                         5. Tujuan diet pada hipertensi
6.    Makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita hipertensi

e.Metode
           i.       Ceramah
         ii.       Tanya jawab


b.Kegiatan Penyuluhan
No
Tahapan/Waktu
Kegiatan Penyuluh
Kegiatan Keluarga
1
Pembukaan
5 Menit
- Memberi salam
- Memperkenalkan diri


- Menjelaskan maksud dan tujuan penyuluhan
- Menjawab salam
- Mendengarkan dan memperkenalkan anggota keluarga
- Mendengarkan
2
Isi
20 Menit
- Meriview apakah anggota keluarga ada yang mengetahui mengenai hipertensi
- Memberikan support system kepada keluarga
- Menjelaskan pengertian hipertensi
-Menjelaskan penyebab hipertensi
- Memberi kesempatan bertenya jika ada anggota keluarga belum mengerti
- Menjawab pertenyaan yang diajukan
- Menjelaskan tanda dan gejala hipertensi
- Menjelaskan cara pencegahan hipertensi
- Menanyakan apakah dalam anggota keluarga sudah melaksanakan diet hipertensi terutama bagi Ny. Fa
- Memberikan support system atas jawaban yang diberikan
- Menjelaskan tujuan diet pada hipertensi
- Menjelaskan makanan apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita hipertensi

- Memberikan kesempatan kepada anggota keluarga untuk bertanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau belum dipahami
- Menjawab pertanyaan yang diajukan

- Menjawab konsep hipertensi secara sederhana

- Mendengarkan

- Mendengarkan

- Mendengarkan

- Bertanya mengenai materi yang belum dipahami
- Mendengarkan

- Mendengarkan

- Mendengarkan

- Menjawab pertanyaan




- Mendengarkan


- Mendengarkan

- Mendengarkan




- Bertanya hal-hal yang belum dipahami




- Mendengarkan


3
Penutup
5 Menit
- - Menyimpulkan secara singkat materi yang disampaikan
- Mengucapkan salam
- Mendengarkan


- Menjawab salam

c.       Media
         Media yang digunakan leaflet

d.    Evaluasi
         Mengkaji pemahaman keluarga atas materi yang disampaikan dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan.
1.                Apa yang dimaksud dengan hipertensi?
2.                Apa penyebab dari hipertensi?
3.                Apa tanda dan gejala hipertensi yang anda ketahui/
4.                Bagaimana cara pencegahan hipertensi?
5.      Makanan apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada penderita hipertensi?

e.    Daftar Pustaka



                                                                                                                                                                                                                        Palembang, 4 Juni 2011


                                                                                                Kelompok



   
                                                                                                                                            
  

No comments:

Post a Comment